Manajemen Bisnis merupakan upaya pengaturan
secara menyeluruh guna menjalankan sebuah usaha bisnis yang profesional dan
menghasilkan tujuan bisnis yang diinginkan. Manajemen bisnis dibutuhkan dalam
rangka tercapainya sebuah tujuan sebuah usaha bisnis baik dari aspek profit
maupun tujuan lain sesuai yang diinginkan oleh pihak pengelola bisnis.
Sebuah proses pengaturan diperlukan agar sebuah
usaha tidak sembarangan, mampu melakukan perencanaan, target-target yang
diinginkan serta dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan sebuah resiko usaha
bisnis.
Sebuah langkah profesional yang dilakukan sebelum
merancang sebuah manajemen bisnis biasanya dilakukan dengan membuat sebuah
rancangan global sebuah bisnis atau yang dikenal dengan business plan.
Business
plan menyangkut bagaimana manajemen bisnis serta perencanaannya dari berbagai
aspek, diantaranya adalah manajemen pemasaran, manajemen produksi, manajemen
finansial dan sebagainya. Melalui sebuah business yang mantap, biasanya
sebuah usaha akan meyakinkan untuk dikelola secara maksimal.
Untuk bentuk usaha bisnis dengan skala kecil pun
diperlukan sebuah upaya manajemen bisnis yang baik, hanya berbeda pada ukuran
skala saja serta pengerjaannya yang lebih sederhana dan bisa dikerjakan rangkap
oleh satu atau dua orang dari pengelola bisnis tersebut. Beberapa hal yang
menjadi patokan utama manajemen bisnis diantaranya adalah beberapa hal berikut
ini:
1.
Manajemen produksi
Manajemen produksi merupakan pengaturan dan
perencanaan terkait ketersediaan bahan baku maupun bahan jadi yang siap
dipasarkan pada sebuah perusahaan bisnis. Manajemen bisnis di bidang produksi
menyangkut bagaimana proses produksi itu bisa berlangsung dengan baik sehingga
mampu menghasilkan produk atau layanan yang diminati oleh konsumen.
2.
Manajemen pemasaran
Manajemen bisnis di bidang pemasaran menyangkut
segala bentuk perencanaan, bentuk, target serta tujuan dan hasil dari sebuah proses
marketing atau pemasaran. Penjualan yang meningkat dan upaya untuk
memperkenalkan produk kepada konsumen merupakan target utama dari sebuah
manajemen pemasaran.
Tanpa adanya sebuah manajemen pemasaran yang
baik, maka sebuah perusahaan akan mengalami kondisi sulit dalam hal pemasukan
atau income yang diperoleh. Pemasaran memegang peran vital terhadap eksistensi
sebuah perusahaan. Produk atau jasa yang kurang bermutu pun akan bisa terjual
laris apabila perusahaan Anda memiliki seorang manajer pemasaran yang handal.
Kreatifitas dan inovasi perlu dijalankan dalam merancang sebuah manajemen
bisnis di bidang pemasaran.
3.
Manajemen distribusi
Manajemen bisnis di bidang distribusi memegang
peran mendukung manajemen pemasaran. Meskipun pemasaran telah berjalan dengan
baik, namun apabila manajemen distribusi mengalami hambatan, maka marketing
juga akan terganggu. Proses penyaluran barang produksi atau layanan jasa kepada
konsumen sangat ditentukan oleh bagaimana pola manajemen distribusi tersebut
dirancang oleh sebuah perusahaan.
4.
Manajemen financial
Manajemen finansial di dalam sebuah usaha bisnis
menyangkut transparansi dan pengelolaan sirkulasi keuangan sebuah perusahaan.
Manajemen keuangan menyangkut bagaimana keuangan perusahaan mampu dibagikan
sesuai dengan anggaran yang dimiliki.
Tanpa adanya sebuah manajemen bisnis yang baik di
bidang keuangan, maka biasanya perusahaan tidak mendapatkan data keuangan yang
jelas. Hal ini biasa dialami oleh para pengelola bisnis kecil yang masih
amatiran, dimana manajemen keuangan jarang diperhatikan sehingga untung atau
ruginya saja sebuah usaha bisnis sulit ditentukan.
Beberapa bentuk manajemen bisnis di atas sangat
penting diperhatikan oleh para pengelola usaha bisnis yang ingin sukses dalam
menjalankan sebuah bisnis usaha. Tanpa adanya sebuah manajemen yang baik, maka
mustahil sebuah perusahaan akan mampu berjalan dengan baik seperti yang menjadi
harapan pemiliknya.
Sumber :
http://rajapresentasi.com/2012/04/bagaimana-cara-mengelola-manajemen-bisnis-secara-efektif/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar